Senin, 29 Juni 2015


Simpati terhadap keselamatan jalan raya


Semakin hari semakin banyak pengguna jalan, apa lagi di kota-kota besar seperti kota ibu kota ,yaitu jakarta. Ancaman keselamatan bagi pengendarapun semakin banyak terdapat di jalan raya. Namun terkadang masyarakat saja ada yang menghirau himbauan tersebut. Banyak masyarakat yang tidak peduli terhadap keselamatan orang lain yaitu kesalahan oleh manusia sendiri seperti, mengemudikan kendaraan dengan keadaan yang tidak stabil atau di bawah kondisi normal dan bisa di sebabkan oleh minuman keras yang mengakibatkan pengemudi mabuk dan karena kondisi pengguna jalan yang kurang fit atau dalam keadaan lelah dan mengantuk. Keselamatan jalan raya seolah tidak penting bagi mereka sendiri.
Keselamatan jalan raya merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai pengguna jalan. Memperhatikan dan memeriksa keadaan kendaraan nya tersebut sebelum di gunakan itu merupakan suatu hal yang sangat penting. Hal tersebut sudah menjadi kewajiban bagi pengguna kendaraan. Untuk para pengguna kendaraan harus mengecek kondisi mesin dan kelengkapan kendaraan nya tersebut termasuk surat izin mengendari, STNK, serta pemakaian perlengkapan bagi pengendaranya sendiri.
Kecelekaan banyak diakibatkan oleh pengendara sendiri atau kecerobohan pengendara tersebut,salah satu contoh kasus yaitu ketika razia oleh aparat pihak yang berwewenang adanya rasa gugup karena kendaraan atau perlengkapan kendaraan yang tidak lengkap membuat konsentrasi dari pengendaranya itu sendiri mengurang dan kebanyakan dialami oleh para remaja yang belum mepunyai surat izin mengemudi. Hal ini sudah sering terjadi ,makanya dengan adanya dukungan dari masyarakat akan bisa membuat meminimalisirkan kecelakaan yang terjadi di jalan baik itu dari segala peraturan yg telah di terapkan atau mematuhi rambu yang telah di pasang oleh pemerintah. Menghindari kecelekan merupakan jauh lebih penting di bandingkan dari pada mengobati dan mengembalikan rasa percaya diri setelah mengalami kecelakaan itu. Jangan sampai melakukan hal sesuatu yang akan di sesali hingga seumur hidup.

Tips bagi pengguna jalan

Bagi pengguna kendaraan umum

Di kota besar permasalahan yang utama yaitu kemacetan, maka untuk mengurangi kecepatan dan mengefesiensi terhadap ekonomi atau demi kelancaran trasportasi kita, alangkah baik nya menggunakan kendaraan umum. Bila yang menggunakan kendaraan umum tersebut selalu memperhitungkan untuk menentukan jam berapa anda harus mulai berangkat dari rumah anda, jangan sampai anda terburu-buru di jalan karena bisa membahayakan diri anda dan membahayakan keselamatan diri anda .

Bagi pengendara roda 2

Kita ketahui bahwa kendaraan roda 2 sekarang sangat membludak dan merupakan kebutuhan setiap keluarga. Dengan harganya yang relatif murah maka semua keluarga kebanyakan telah memiliki kendaraan tersebut. Maka berhatilah-hatilah dengan sesama pengguna kendaraan roda 2 lainnya, karena dengan ukuran yang relatif kecil pengendara roda 2 yang tidak bertanggung jawab sering melintasi seenak nya tanpa memperhitungkan keselematan pengguna jalan raya lainnya. Kendarailah kendaraan anda dengan kecepatan normal atau dengan kecepatan yang telah di tentukan dan hargailah sesama pengguna jalan raya lainnya.

Bagi pengendara roda 4

Berhatilah-hatilah dengan pengendara roda 2 yang tidak mematuhi peraturan. Karena mereka bisa kapan saja melintas tanpa memperhatikan keselamatan mereka sendiri dan keselamatan orang lain, termasuk di jalan satu arah, saat akan berbelok jika anda tidak bisa melihat kendaraan dari arah berlawanan, bunyikanlah klakson terlebih dahulu sebelum berbelok. Nyalakan juga lampu sign jika anda hendak berpindah lajur ,dan serta patuhi semua rambu yang ada.

Bagi pejalan kaki

Kita ketahui bahwa di negara-negara tetangga sangat mementingkan pejalan kaki ,tetapi di negara kita malah sebaliknya. Dan seharus nya pejalan kaki harus di lengkapi jalan khusus dan di golongkan pengguna jalan yang paling aman. Namun di indonesia kita ketahui bahwa banyak korban kecelakan karena ada kendaraan yang menggunakan jalur pejalan kaki. Sebagai pejalan kaki ,anda harus waspada terhadap kendaraan-kendaraan yang mencuri jalan pejalan kaki. Bila andak hendak menyebarang gunakan lah fasilitas pejalan kaki yang telah di sedia untuk meminimalisirkan kecelakan pejalan kaki.
Keselamatan itu mahal tidak ada yang mau celaka atau menjadi korban kecelakan di jalan raya. Pasti sangat menyakitkan apabila kehilangan orang tercinta atau sanak saudara karena tidak berkendara dengan baik dan bener, dengan demikian mari kita tanamkan pentingnya keselamatan bagi hidup kita dan kita tanam sebagai prisip hidup.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar