Senin, 29 Juni 2015

Penyebab Utama Kecelakaan Lalu Lintas

Penyebab Utama Kecelakaan Lalu Lintas


     Kecelakaan tidak memandang usia tua maupun muda, pria ataupun wanita, setiap orang dalam kesehariannya pasti melakukan aktivitas. Di setiap sudut jalan, tiap harinya pasti akan banyak dijumpai orang berkendara dengan kesibukan dan urusan mereka masing-masing. Hanya sebagian kecil saja dari masyarakat yang masih memilih jalan kaki sebagai cara alternatif agar bisa sampai di tempat tujuan, itu pun mungkin hanya untuk jarak tertentu saja.
Saat ini tak sedikit orang memilih kendaraan pribadi dari pada kendaraan umum sebagai alat transportasi mereka supaya bisa lebih cepat sampai di tempat tujuan dan bisa menghemat biaya. Selain itu, kendaraan pribadi juga akan membuat pengendaranya jadi lebih bebas pergi ke mana saja yang mereka inginkan, tanpa harus menunggu berlama-lama sampai kendaraan pengangkut tiba. Namun, aktivitas berkendara tak bisa lepas dari bahaya kecelakaan karena itu merupakan risiko yang harus dihadapi oleh setiap orang. Tetapi jangan khawatir, meskipun bahaya kecelakaan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, itu hanya akan terjadi bila kita tidak konsentrasi saat berkendara. Oleh karena itu, dengan memahami apa saja penyebab terjadinya kecelakaan, maka kita akan bisa selalu berhati-hati, supaya jangan sampai diri kita sendiri yang malah menjadi korbannya. Dan alangkah baik nya jika masyarakat mengguna kendaraan supaya mengurangi terjadinya kecelakan dan bisa mudah di jangkau tujuan nya .

Ada beberapa penyebab terjadinya kecelakan atau akibat yang sering terjadi kecelakan :

·        Kondisi tubuh yang terlalu lelah

Kehilangan Konsentrasi saat tubuh mulai letih dan mengantuk adalah berbahaya pada saat sedang berkendara. Yang harus kita lakukan adalah menjaga tubuh dan pikiran supaya tetap fokus pada saat berkendara, misalnya berhenti sejenak minimal 30 menit atau beristirahat ,  karena maksimal dalam berkendara itu 3 – 4 jam .
·        Melebihi kapasitas angkutan
Disaat  kendaraan yang ditumpangi mengalami kelebihan penumpang atau bobot, hal ini akan mengakibatkan kehilangan keseimbangan dan konsentrasi dari pengemudi tersebut saat membawa kendaraan dan bisa menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, lebih baik membawa barang seperlunya saja jangan berlebihan.

·        Kondisi tubuh yang sedang sakit

Kondisi kesehatan yang diderita oleh pengemudi juga bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan, misalkan sakit pernafasan, hipertensi, diare, iritasi mata, jantung, sakit kepala, demam, dan penyakit lainnya. Jadi apabila Anda saat ini merasa sedang dalam keadaan sakit lebih baik urungkan niat untuk tidak mengemudi terlebih dahulu.

·        Berkendara dalam pengaruh minuman keras

Mengendarai kendaran dalam keadaan tubuh sedang di bawah sadar atau pengaruh alkohol sangat berbahaya, karena saat berkendara kesadaran tidak dalam keadaan 100%, bahkan terkadang ada yang tidak sadar sama sekali. Hal demikian sudah kerap terjadi di sekitar kita. Imbas yang terjadi tidak hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga orang lain yang tidak bersalah dapat menjadi korban.

·        Kondisi kendaraan yang sudah tidak layak pakai

Sering terjadi pada kendaraan  yang sudah tidak layak untuk dipakai melakukan perjalanan jauh atau untuk mengangkut beban berat. Kendaraan semacam ini apabila tetap dipaksakan dapat mencelakakan diri sendiri dan pengendara lain. Parahnya lagi, apabila kendaraan tersebut masih tetap dipaksakan untuk berjalan pada kondisi cuaca seperti musim hujan saat ini.

·        Menggunakan telepon genggam dan mendengarkan musik saat berkendara

Hal ini sangat kurang diperhatikan oleh para pengendara dan tidak kesadaran dari pengguna kendaraannya , terutama paling banyak dilakukan oleh para remaja. Korban dari penyebab ini sangatlah tidak sedikit, sehingga berkendara sambil berbicara di telepon genggam sangat tidak dianjurkan. Namun, bila sangat mendesak dan harus segera menjawab panggilan telepon, usahakan untuk berhenti sejenak dan jangan mendengarkan musik sambil menggunakan handsfree karena Anda jadi tidak bisa mendengar keadaan di sekeliling Anda.  Dan kurang nya penegakan hukum oleh pihak yang wajib.

·        Tidak disiplin dalam mematuhi rambu lalu lintas

Kebanyakan kecelekaan di sebeb kan ketidak disiplinan dalam mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan hal tersebut sangat fatal apabila pengguna jalan melanggar lambu yang telah di terapkan. Oleh karena itu, selalu patuhi rambu-rambu yang ada dan jangan ngebut meskipun Anda sedang terburu-buru.



Beberapa hal di atas penyebab kecelakaan sering kali dikarenakan kelalaian pengemudi. Oleh karena itu, sebelum berkendara segala sesuatu harus dipersiapkan terlebih dahulu mulai dari kondisi fisik, hati, serta pikiran dan kendaraannya. Meskipun kejadian di atas saat ini masih belum terjadi pada Anda, tapi apakah Anda tidak takut apabila sewaktu-waktu harus meninggalkan atau ditinggalkan orang-orang yang Anda sayangi akibat kecelakaan atas kelalaian sendiri. Maka mulai saat ini, jagalah selalu keselamatan Anda dalam berkendara dan peringatkan pengendara yang lain terutama orang yang Anda kasihi untuk selalu menjaga keselamatannya dalam berkendara. Jadi lah pelopor keselamatan karena keselamatan itu kebutuhan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar