Minggu, 28 Juni 2015

berkendara dengan kecepatan tinggi menjadi faktor utama kecelakaan lalu lintas dan tips agar tetap aman dalam standar kecepatan




Berkendara dengan kecepatan tinggi menjadi faktor utama dalam kecelakaan lalu lintas. Analisa dari statistik kecelakaan lalu lintas menunjukkan bahwa situasinya mungkin lebih buruk. Hal ini adalah permasalahan yang harus diperhatikan oleh setiap pengemudi.
Bayangkan anda tiba di tempat kerja dan mendengar bahwa rekan kerja anda telah tewas ataupun cedera dalam kecelakaan karena mengebut. Anda telah kehilangan teman dan rekan kerja, dan perusahaan anda telah kehilangan anggota penting dari tim kerja – mungkin untuk selamanya. Maka pribahasa “lebih baik lambat daripada tidak sama sekali” benar benar berarti.
Dampak lingkungan. Ketika anda berkendara pada kecepatan tinggi, kendaraan anda mengeluarkan gas yang menyebabkan polusi udara dan memberikan kontribusi pada efek greenhouse. Kendaraan anda juga mengeluarkan suara berlebih dan menyebabkan polusi suara.

Riset menunjukkan bahwa resiko kecelakaan meningkat jika anda dalam kecepatan tinggi
karena :
1.   Anda memiliki sedikit waktu untuk memperhatikan bahaya (seperti adanya anak yang menyebrang di depan anda). Jika anda tidak memperhatikan bahaya, anda memiliki sedikit waktu untuk bertindak.
2.   Semakin jauhnya jarak pengereman yang anda butuhkan.
3.   Anda akan kehilangan kendali kendaraan anda. Contoh, pada tikungan.
4.   Pengguna jalan lain mungkin salah menilai kecepatan anda (mereka pikir anda berkendara dalam batas aman) dan membuat kesalahan. Contoh, seorang pejalan kaki yang menyeberangi jalan atau pengendara lain yang akan mendahului kendaraan anda padahal jaraknya tidak memungkinkan.

                         TIPS AGAR TETAP AMAN DALAM                     STANDAR KECEPATAN

 Menjalankan kendaraan dengan kecepatan rendah (kurang dari 60 kilometer per jam) pada jalan di mana kendaraan lain melaju dengan kecepatan tinggi (di atas 100 kilometer per jam) sangat berbahaya. Sebaliknya, melaju kecepatan tinggi, tapi kendaraan lain berjalan dengan kecepatan rendah,  sangat berbahaya. Maka, jika mau aman, jalankan kendaraan Anda sesuai dengan batas kecepatan yang diizinkan.
Dengan kata lain, jika mau aman, kendarailah mobil Anda sesuai dengan kecepatan kendaraan lain. Jadi, yang terpenting bukan mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi atau kecepatan rendah, tetapi jalankanlah mobil Anda sesuai dengan  kecepatan mobil-mobil lain.
Perhatikan kecepatan anda. Berkendara pada kecepatan rendah akan memberi waktu bagi anda untuk bereaksi pada situasi yang tidak terduga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar